Monday, March 30, 2015

Hari Film Nasional! Nonton, yuk!

Sebagai seorang ketua jomblo awesome, salah satu kegiatan favorit gue di samping beribadah adalah nonton film di bioskop. Dalam 1 bulan minimal gue 4x ke bioskop, tapi berkali-kali mencintaimu.

*hening*

Harus gue akui, gue almost always nonton film luar negeri, baik itu film Hollywood, Thailand, atau Negara apapun yang bukan film Indonesia.

Why? Kenapa gue gak terlalu excited nonton film Indonesia?

 1. Kualitas  Akting
Gue bukan sutradara. Gue juga bukan mahasiswa perfilman. Gue cuma suka nonton film dan suka komentar. Oh, dan suka Samuel Zyylgwyn juga. Hahahahahahahahahahahaha.
Berdasarkan pengamatan gue yang sotoy, beberapa artis mempunyai skill acting yang cukup bagus, seperti Deddy Mizwar, Cut Mini, Dian Sastro, Iko Uwais, Chelsea Islan, dan masih banyak lagi. Namun masih ada beberapa artis (mostly new comer) yang masih perlu diasah lagi.

Gue suka gemes sendiri ngeliat acting marahnya artis Indonesia.
Ini penjelasan sotoy gue…

Dear artis-artis, orang marah ga selalu teriak. Orang marah ga selalu melotot juga. Coba liat film-film luar negeri.. Acting marah mereka bisa dilihat dari mata dan tubuh yang bergetar hebat.
Nih sekedar tips untuk bisa akting marah:
Bayangin tanggal-tanggal tua, berangkat kerja pagi buta, isi dompet cuma KTP dan SIM yang berdarah karena kena pedang Pattimura, uang di atm tinggal kenangan, motor mogok di jalan tol, harus bayar uang kos, dan ibu kosnya lagi PMS. Nah bayangin kalo ibu kos lagi marah. Triple attack. Ibu-ibu + butuh uang + PMS = Buang adek ke rawa-rawa cintamu, mas....
Nah kalo acting favorit gue adalah acting diamnya artis-artis Indonesia. Apa itu acting diam?
Yang kayak begini nih:

2. Dandanan
Ah, kalau ini sih udah umum. Gue pernah nonton sebuah film Indonesia, adegannya si anak dan ibunya lagi di rumah.
Tau gak ibunya pake baju apa?
Ibunya pake long dress, jam emas di tangan kanan, 10 buah gelang di tangan kiri, dan rambutnya disasak! Untung waktu itu batu akik belum ngetrend. Bayangin kalau batu akik udah booming, bisa-bisa si ibu itu pake cincin batu akik, sasak batu akik, anting batu akik, atau bahkan dress dengan bordiran batu akik.

3. Alur Cerita
Pada suatu pagi di kelurahan Cingcangkeling, ada Si A (cewek) sahabatan sama B (cowok). Mereka sahabatan sejak dalam kandungan, sekolah barengan, nyolong mangga bareng, dan banyak hal konyol lainnya. Mereka sebetulnya saling menyimpan rasa sayang. Si A menyimpan rasa “sayang kalau cowok bermotor gak didayagunakan”, sementara si B menyimpan rasa sayang dari lubuk hati yang paling dalem.
Sedih ya :( 


Lanjut…
Tiba-tiba hadir seorang cowok (sebut saja C) dalam kehidupan mereka. Si A naksir cowok C karena cowok C punya mobil, lalu mereka pacaran. Si B patah hati, hancur berkeping-keping, tapi tak ada daya mengingat statusnya dengan si A hanyalah sebatas sahabat. Berkat guna-guna dan mantra yang tak henti-hentinya diucapkan oleh si B, A akhirnya putus sama C. Si cowok B pun mengungkapkan perasaannya. Akhirnya A dan B pacaran and they live happily ever after. The end. Klise! Ketebak!!

Kenapa gak ada yang punya ide kayak gini:
 A pacaran sama B. Lalu mereka BBMan:
A: “Mimih sayang, jangan lupa makan ya.”
B: “Ah, lagi males makan nih. Pipih makan duluan aja deh..”
A: “Uuhh.. Kalau mimih gak makan, pipih juga gak makan deh. “
B: “Ahh pipih...serius deh, makan duluan aja.. Dan akhirnya mereka berdua ditemukan mati.

Mereka bukan mati karena kelaparan, tapi karena mereka diberi anak sama Yang Maha Kuasa.
HAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAHA.. Makanya jangan pipih-mimih kalau masih pacaran. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA dikasih anak, nyaho lu!


Back to my analysis..
Setelah gue baca-baca info mengenai dunia perfilman, terungkap bahwa rendahnya kualitas film-film Indonesia dipicu oleh minat pasar dan modal. Biaya produksi yang besar bikin pembuat film perlu menghitung jumlah penonton untuk meraup keuntungan. Maka dari itu, wajar banyak pemain dalam industri film pake prinsip berdagang dengan membuat film berbiaya produksi rendah (dan kualitas “sejadinya”) asalkan bisa meraup keuntungan tinggi.

Meskipun begitu, tenanglah….. Gak semua pembuat film bikin film “asal jadi” dan “asal dapat untung”. Masih ada beberapa sutradara yang berusaha keras untuk membuat film bagus dan bermutu walau harus bertaruh dengan dana besar, seperti Riri Riza,  Joko Anwar, Upi Avianto, Hanung Bramantyo, dll. Hasilnya, film mereka terbukti berkualitas yang pada akhirnya mendapat apresiasi lokal dan bahkan sampai ke taraf internasional.  *standing applause*

Ini beberapa film Indonesia favorit gue:
Petualangan Sherina, Laskar Pelangi, Soekarno, Garuda Di Dadaku, Cahaya Dari Timur, Comic 8, Di Balik 98, The Raid, Nada Untuk Asa (SUMPAH DARIUS GANTENG BANGET DI FILM INI!!!), dan Pendekar Tongkat Emas.
Oh, film favorit gue lainnya yaitu: Yang diperanin Samuel Zylgwyn, Adipati, Reza Rahadian, Darius Sinathrya, Rio Dewanto, dan Joe Taslim. HAHAHAHAHAHA.

Semuanya tentu berbalik pada selera dan kesenangan para penonton sih ya.. Tapi saran gue cuma satu, dukung terus dan jangan ragu untuk nonton film Indonesia yang bermutu. Mereka butuh support kita! Mereka butuh dukungan kita! Yeay!

Oh iya.. Untuk kalian yang hari ini belum ada rencana kemana-kemana (terutama untuk kalian para jomblo awesome), kalian bisa ke bioskop hari ini, nonton film Indonesia karena tiketnya BUY 1 GET 1 FREE!!! Kalian para jomblo bisa ngajak jomblo lainnya!! *akhirnya ga nonton sendiri ya aulohhh* 

Coba cek list filmnya di sini:


Akhir kata, semoga kuntilanak keriting, genderuwo, tuyul, hantu perjaka, pocong marathon, suster breakdance, dan belahan dada artis-artis Indonesia cepat insaf dan berbalik ke jalan yang benar.. Amiiiiin.

Btw, apa film Indonesia favorit kalian? Tulis di kolom comment ya!

Selamat merayakan Hari Film Nasional!


Salam awesome!

Saturday, March 28, 2015

Lights off, Love on! Earth Hour 2015!

*kasih nafas buatan ke bumi* *bumi pingsan* sedih banget hidup gue ya awloh...

Yak, selamat tanggal 28 Maret!
Selamat bertemu di Sabtu terakhir di bulan Maret!

Selamat merayakan Earth hour, sebuah kegiatan global yang diadakan oleh PLN setempat World Wide Fund for Nature (WWF). Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

Tema Earth Hour Indonesia tahun ini:
"Hijaukan Hutan, Birukan Laut."

Temanya cakep..

Tapi menurut gue akan lebih realistis begini:
"Hijaukan hutan, Birukan laut, Segerakan pernikahan kita, mas!"*colek Samuel Zylgwyn*

Mengapa kita harus memberikan waktu istirahat untuk bumi?
Jawabannya: Mengapa tidak?

Sekarang gue mau nanya, "Apa yang udah manusia lakukan untuk bumi?"

Berdasarkan survey yang belum pernah gue lakukan, rata-rata manusia melakukan ini:
- Menggunakan AC secara berlebihan
- Menyalakan berbagai alat elektronik untuk kepoin gebetan
- Membakar foto-foto mantan dan tiket nonton sama mantan lalu membuangnya di tempat sembarangan

Marilah kita mulai peduli akan bumi kita. Caranya gampang:
- Membuang foto mantan pada tempatnya
- Mengurangi pemakaian AC secara berlebihan
- Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi secara pribadi.  Ga usah norak, ke indomart pake Alphard. Contohlah gue,  sering dapet sms menginfokan bahwa gue memenangkan mobil, tapi ga pernah gue ambil.
- Merawat dan menanam tumbuh-tumbuhan

Nih kata Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF-Indonesia, Nyoman Iswarayoga: "Perayaan malam earth hour adalah pengingat untuk selalu memperbaharui komitmen kita untuk perubahan yang bisa kita lakukan dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Kita hanya bisa berhasil bila melakukannya bersama-sama dan terus-menerus."

Jadi, mari kita gelap-gelapan dari jam 20.30-21.30 untuk bumi yang asri bagi kita dan bagi anak & cucu kamu dan aku nantinya! Iya, aku dan kamu.

Sebagai Jomblo Awesome, #IniAksiku dalam mendukung Earth Hour 2015:




Gelap ya?

Ya iyalah, namanya juga lagi merayakan Earth Hour.

Percayalah, cuma lampu yang mati, namun cintaku ke kamu ga akan pernah mati!

Mungkin biar lebih hits, slogan Eath Hour diganti jadi gini:
"Karena yang tak terlihat selalu lebih nikmat."


Salam awesome!

Friday, March 27, 2015

What is Jomblo Awesome?

Kata “jomblo” berasal dari bahasa Sunda: “jomlo” yang dibakukan. Kita dapat menemui kata “jomlo” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang memiliki arti gadis tua—merujuk pada seorang perempuan yang sudah tua umurnya tetapi belum juga menikah atau memiliki pasangan. Kini penggunaan kata jomlo / jomblo mengalami perluasan makna. sehingga istilah ini tidak hanya digunakan untuk seorang tapi juga digunakan untuk laki-laki.


Itu definisi jomblo. But now let me tell you this new thing called Jomblo Awesome!

What is Jomblo Awesome?





Sesungguhnya, Jomblo Awesome adalah sang pencinta sejati. Jomblo Awesome tidak memilih untuk hanya mencintai dan mengasihi 1 manusia yang biasa disebut pacar, tapi kami mencintai dan mengasihi diri sendiri, ribuan lelaki ganteng, ribuan wanita cantik, orang tua, om-tante, para lansia, dan jutaan manusia di sekitar kami.
Kami juga mencintai pacar orang, karena bagaimanapun juga kita adalah orang.

Jomblo Awesome adalah jomblo yang berprestasi. Berprestasi yang gue maksud bukan saja dinilai dari Intellectual Intelligence (IQ) tapi juga dari Emotional Intelligence (EQ) dan Spiritual Intelligence (SQ).

Dinilai dari IQ, jomblo awesome adalah jomblo yang berprestasi di sekolah, kuliah, atau di tempat bekerja. Contohnya adalah para jomblo yang langganan dapat A di kelas padahal tidak pernah mendengarkan dosen. Atau juga mahasiswa jomblo yang selalu bilang “Aduh, sumpah gue ga belajar sama sekali,” lalu kemudian mendapat A di final test
.

Dinilai dari EQ, jomblo awesome adalah jomblo yang dapat bersosialisasi dengan banyak orang. Bukan hanya dengan teman seumuran, tapi juga dengan orang yang orang yang lebih muda (anak-anak, remaja), atau bahkan para lansia. Jomblo awesome biasanya mempunyai aktivitas positif segudang, terlibat aktif dalam berbagai organisasi, dan senantiasa menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya.
Saking banyaknya teman jomblo awesome, terkadang kami merasa “sakitnya tuh di sini” karena cuma dianggap temen atau teman curhat oleh sang gebetan. Sakit.

Dinilai dari SQ, jomblo awesome adalah jomblo yang mempunyai hubungan dekat dengan Tuhan. Jomblo awesome rajin berdoa agar segera dipersatukan dengan jodohnya agar semakin mengerti kehendak Tuhan dan agar bisa menjalani hidup sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan. Jomblo awesome senang mempunyai waktu hening sendiri untuk merenung, merefleksikan segala hal, dan mengambil nilai-nilai positif dari kejadian-kejadian yang menyebalkan. 
Kami yakin bahwa Tuhan memberikan yang terbaik dalam segala hal, termasuk dalam hal jodoh yang baik, religious, pinter, humoris, dan kaya.

Jomblo awesome tidak membutuhkan pacar labil atau kehidupan percintaan yang penuh dengan drama seperti perselingkuhan, pertukaran password media sosial yang berujung pada kekepoan, pertanyaan “lagi dimana?” yang muncul setiap 15 menit, investigasi handphone secara mendadak, pesan yang mengingatkan untuk makan, dan sebagainya.
Kami bahagia bisa update tentang hal apapun yang kami mau, upload berbagai foto, menghadiri berbagai event, terlibat dalam berbagai kepanitiaan, dan tenang….kami tak perlu diingatkan untuk makan karena kami memang selalu lapar.

Perlu dicatat bahwa tidak semua jomblo adalah jomblo awesome. Hanya jomblo dengan kriteria seperti di atas yang bisa mendapat predikat Jomblo Awesome.
Untuk jomblo-jomblo yang merasa tidak awesome, malu, minder, dan sebagainya, WAKE UP! GET UP! Bangun! Jangan berhenti untuk upgrade diri lo! 

Keep doing awesome things and awesome things—and of course AWESOME MAN / WOMAN—will come to you!

Manusia selalu punya pilihan, untuk hidup menyedihkan atau hidup awesome.
Begitu pula dengan kita, para jomblo; bisa memilih untuk jadi jomblo menyedihkan atau jadi jomblo AWESOME.
Gue memilih menjadi AWESOME. Bagaimana dengan kamu? Iya, kamu.


Salam awesome!






Thursday, March 26, 2015

Perkenalan Ketua #JombloAwesome

Tak kenal maka tak sayang.
Mari kita kenalan agar kita bisa sayang-sayangan.

Hi semua!
Selamat datang di blog gue dan selamat bahwa hidup lo akan berantakan kalau terlalu sering berkunjung ke blog ini.

Perkenalkan, gue adalah ketua #JombloAwesome. 
Jomblo yang terlalu lama asik sendiri karena I found myself really awesome.
Gue adalah manusia nyata, tapi sering merasa sulit menyatakan perasaan yang ada di hati.

Ini bukti bahwa gue terdaftar sebagai WNI:



Nama gue Magdalena.
Biasa dipanggil Irene.


Teman-teman memanggil gue "Irene"

Sahabat gue memanggil gue dengan sebutan "Nyet".

Murid-murid memanggil gue "Miss Irene."

Mas-mas Alf*mart dan Indom*rt memanggil gue "Kak", dilanjutkan dengan "Kembaliannya mau disumbangkan?"

Lalu gue menjawab lembut sambil mengibaskan rambut:
 "Suka-suka mas. Adek mah nurut aja."



Melihat ke-absurd-an ini, sering timbul pertanyaan:
 “Kok lo dipanggilnya Irene sih?” 
“Irene itu siapanya elo?”
“Panggilan Irene itu darimana? Kok ga ada hubungannya sama nama lo sih?”
“Kenapa sih lo cantik banget?”
"Kok lo awesome banget sih?"


Beginilah ceritanya…..

Pada tanggal 24 boelan November tahoen 1993, lahirlah seorang babi bayi cantik di salah satu Rumah Sakit jiwa Swasta di daerah Jakarta bagian tengah. Diadakanlah Konferensi Meja Tak Bundar untuk merundingkan nama sang bayi tersebut. Konferensi tersebut berlangsung dengan damai tanpa adanya peristiwa terbaliknya meja-meja di ruang bersalin dan tanpa terlemparnya gunting, pisau bedah beserta ari-ari ke lantai. 
Keputusan dari rapat menyebutkan bahwa nama bayi tersebut adalah: MAGDALENA.


Sayang beribu sayang, pada saat konferensi berlangsung, Opung (nenek) dari bayi ini tidak hadir. Terkejutlah sang opung saat mengetahui bahwa nama bayi ini sudah diputuskan. Sang opung tidak mau setuju begitu saja, kemudian menambahkan IRENE di depan nama MAGDALENA.

Dan abracadabra! Jadilah : IRENE MAGDALENA. 

Berhubung Ayahanda dari bayi ini bukanlah seorang warga Negara Jerman, maka mustahil nama sang bayi ini Irene Magdalena Düsediekerbäumer.
Ayahanda dari bayi ini juga bukan warga Negara Belanda, maka nama bayi ini bukan juga Irene Magdalena Van Dijk. (yes, “dijk”. No typo)
Ayahanda dari bayi ini adalah asli warga Negara Indonesia, asli Tarutung tapi tak bisa berbahasa Batak, sehingga nama bayi ini adalah Irene Magdalena Hutauruk.

So there it is! You can call me either way…
You can call me Irene, Magdalena, Magda, Lena, or you can just call me tonight! Hahahaha.



Bye!
















Salam awesome!

Saturday, March 21, 2015

Sambutan dari Ketua Jomblo Awesome.

Halo!
Bravo!

Salam awesome untuk semua jomblo awesome yang tersebar di seluruh nusantara.
Pertama-tama, perkenalkan, saya adalah Irene, ketua #JombloAwesome se-Indonesia.
Kedua, saya mencintai semua kaum pria yang ada di dunia.
Ketiga, saya lebih mencintai diri saya sendiri.
Keempat, saya mencintai apa yang tidak bisa menjadi kepunyaan saya,
Kelima, saya mendadak mellow.
Keenam, saya cuma bercanda, karena saya tidak boleh mellow melainkan harus tetap awesome.
Ketujuh, saya sadar saya selalu awesome.
Kedelepan, saya bingung harus ngomong apa lagi.
Kesembilan, percayalah, setiap jomblo yang membaca ini juga merupakan jomblo awesome.
Kesepuluh, kita semua adalah jomblo aweome!

Mari semua jomblo saling bergandengan tangan, saling bahu-membahu, dan saling membantu dalam meningkatkan kualitas diri demi terciptanya jomblo-jomblo awesome di Indonesia!
Manusia selalu punya pilihan, untuk hidup menyedihkan atau hidup awesome.
Begitu pula dengan kita, para jomblo; bisa memilih untuk jadi jomblo menyedihkan atau jadi jomblo AWESOME.
Saya memilih menjadi AWESOME. Bagaimana dengan kamu? Iya, kamu.




Salam Awesome,














IRENE (YANG TERLALU LAMA ASIK SENDIRI)
Ketua Jomblo Awesome