Thursday, June 9, 2016

Perjalanan Mencari Rangga - Part 1

Untuk membuktikan ke-awesome-an gue, pada tanggal 29 Mei 2016 - 1 Juni 2016 gue pergi solo traveling! For the first time gue pergi solo traveling! AHEY! Trip ini agak random karena semua perencaan terjadi begitu cepat dan aneh. Hahahaha. Berawal dari liat cuplikan tentang Jogja di TV, keinget beberapa scene di AADC 2, dan kepikiran “Ah.. kayaknya udah lama ya gak ke Jogja.” Di hari itu juga gue cari tiket, pesen hotel, dan langsung bikin itinerary. Bokap-nyokap pun gue kabarin beberapa hari sebelumnya doang di saat semua tiket udah di tangan, jadi mereka  gak akan tega juga suruh gue cancel. Iya, sayang uangnya! HAHAHA.

So beginilah ceritanya...

Day I (Minggu, 29 Mei 2016)
Perjalanan dimulai dari stasiun Gambir. Gue berangkat menggunakan kereta api Taksaka Malam yang berangkat hari Minggu, 29 Mei 2016 pukul 20:45 WIB.  Nyampe esok harinya jam 04:20 WIB. Saking excitednya, gue nyampe stasiun gambir sekitar jam 18:30 WIB. Print tiket, makan malem di hokben, lalu boarding sekitar jam 8. Sambil duduk-duduk nunggu kereta dateng, gue ngarep bakalan duduk di samping koko-koko, cakep, muda, wangi, seiman, dan rajin menabung. Namun semua hanyalah mimpi. Gue duduk di samping cowok usia 26-awal 30an, tapi............ udah bercincin. Hancur hati adek bang. Malam itu adalah malam yang sangat.................tenang. Dengan memainkan lagu “Bimbang” by Melly Goeslaw on repeat, gue memejamkan mata.





Day II (Senin, 30 Mei 2016)
“Perhentian terakhir, Stasiun Yogyakarta.”
 Aha yuk kita kemon! Stretching dikit di luar kereta karena punggung dan pantat pegel! XD
Gue agak syok pas liat sekeliling stasiun karena gue pikir stasiunnya gede, banyak toko atau resto. Namun nyatanya jauh dari apa yang gue bayangkan. :p Dengan backpack nangkring di punggung dan 1 tas selempang kecil, gue berjalan dengan sok cool keluar peron. Gue menantikan ada Rangga yang menyapa: “Cinta, akhirnya kamu sampai..” tapi yang menyambut gue hanyalah puluhan pria yang berteriak “taksi mbak?” “becak becak becak”, “mau saya anterin ke hotel, mbak?”. Cedih.
Subuh itu sebenernya gue berniat nongkrong di angkringan kopi Jos yang ada di deket stasiun, tapi berhubung bokap saranin untuk jangan kemana-mana selama masih gelap, yowes gue memilih untuk ke indomaret di sebelah stasiun untuk beli roti dan air mineral di indomaret, lalu duduk sok asik aja. Duduk dimana? Ya di tangga-tangga depan indomaret, bersama para ibu-ibu yang nunggu dijemput suaminya.
MANA SUAMIKU?????
MANA?????

Sambil sarapan cantik, gue meraih handphone untuk ngasih update kabar ke keluarga dan temen-temen (dan tentu gak dibales karena mereka masih bobok). 1 jam berlalu dan gue mulai bosan. Sekitar pukul 05:45 WIB gue melangkahkan kaki ke luar stasiun, dan aha! Ada beberapa angkringan yang masih buka. Gue pesen teh manis hangat sambil ngobrol-ngobrol sama mas penjualnya. Pas lagi ngobrol, gue tiba-tiba kepikiran “Hmmmm... Harusnya gue belajar bahasa Jawa dulu biar gak bisa ditipu. Pasti ketahuan banget gue turis karena muka gue bule, secara gue keturunan batak-jerman alias batman.”
Sekitar jam 6 pagi gue naik becak ke halte TransJogja. Sebenernya jaraknya deket, tapi karena pengguna jalanan masih super sedikit, gue agak males aja ditawarin “mbak becak mbak becak mbak” di sepanjang jalan. Naik becak ke Halte Malioboro 1 cukup mengeluarkan uang sebanyak Rp 15.000 (mungkin tawar jadi Rp 10.000 pun mereka mau kok. Hehehe..)

Ongkos transjogja hanya Rp 3.500,00. Mas penjaga loketnya menanyakan tujuan gue. Gue bilang, “Ke Teriminal Giwangan, mas.” Dia jawab, “Oh iya, nanti naik jalur 3A ya. Tapi emangnya mau ngapain ke Giwangan?” Gue jawab: “Oh saya mau ke Parang Tritis.” Masnya nanya lagi: “Ke Parang Tritis? Sendiri? Berani banget..” Gue jawab lagi: “Hehehe.. Iya, nanti ada bus langsung ke Parangtritis dari Giwangan, kan?” Masnya jawab: “Iya ada kok, mbak..”
Wooooshhh... Bus datang. Bus TransJogja gak terlalu banyak, jadi harus nunggu sekitar 5-10 menit untuk bus berikutnya. Nunggu. Di dunia ini memang harus ada yang namanya menunggu. Eaaaaa. 

Bus Transjogja ini ukurannya gak segede transjakarta, ukurannya kurang lebih kayak metromini. Lebih kecil dikit dari metro mini. Busnya cukup nyaman, AC dingin, tempat duduk OK, dan ada 1 penjaga pintu juga yang bantu kasih informasi kepada penumpang. Jarak dari Malioboro ke Giwangan gak terlalu jauh, hanya sekitar 30 menit. Jam 6:45 gue sampai di Terminal Giwangan. Terminalnya pun gak seperti yang gue bayangkan,  terminalnya se-pi. Hahahahaha. Mungkin karena masih pagi juga ya... Sebelum nyari bus ke Parang Tritis, gue nyari toilet dulu untuk buang air, cuci muka, dan pake lipen biar tampak segarrr.
“Parangtritis Parangtritis...” That’s my bus! Gue samperin kondekturnya dan dengan penuh percaya diri, gue tanya, “Ke parangtritis ya, pak?” Doi malah nanya lagi “Mbak mau kemananya?” Gue jawab: “ke pantai, pak.” “Dia jawab: “Oh njih.. Naik mbak..” Pas gue naik.... ZONK. Baru ada 1 ibu-ibu yang duduk manis. Keadaan bus sungguh sangat tenang dan romantis. Untuk memecahkan suasana, gue tersenyum dan nanya “Ibu mau ke parangtritis juga?” dan dia jawab: “Oh iya.. Nanti saya turun sebelum pantai.” Seteleh itu si ibu diem. Udah gitu aja. Hmmmmmm.

Setelah ngetem di terminal selama kurang lebih 10-15 menit, akhirnya bus jalan. Untung selama perjalanan banyak yang naik dan turun juga, walaupun mostly kakek-kakek atau nenek-nenek. Heheheuhuehe. Seorang nenek ada yang ngajak gue ngobrol. Mungkin dia tau gue turis karena wajah bule gue yekan... Doi nanya-nanya “Sama siapa? Nginep dimana? Dari mana?” Tentu gue gak jawab detail, ya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan aja, soalnya di bus itu ada beberapa mas-mas bermuka unik gitu. Gue cuma senyum, sambil jawab “Oh nginep di daerah malioboro, bu. Ini mau ketemu temen di parang tritis.” Temen apeeuuuu wong gue solo traveling. Hehehehehe..
Mengenai ongkosnya, gue agak ketipu. Dari info yang gue baca di internet, ongkos Jogja-Parangtritis itu sekitar 10.000, tapi gue dimintain ongkos sebesar Rp 20.000. Setelah gue bayar, si nenek colek gue, terus bilang, “Biasanya ongkosnya 15.000 doang, mbak.” Yaudahlah.. Gue cuma senyum-senyum aja, daripada gue dibawa kabur cuma gara-gara debat GOCENG.

Jam 8 pagi gue sampai di Parangtritis. Uyeaahhh, langsung foto-foto pemandangan, anak-anak main ATV, ibu-ibu naik delman, dan couple yang lagi manja-manja menikmari desiran ombak. Seru juga sih liat orang-orang main ATV, keliling naik delman, santai di bawah payung, tapi ya namanya backpacker kere, lebih baik duit gue dipake untuk naik bus keliling kota daripada untuk naik delman di sekitar pantai doang. Heheu.

Pagi yang indah cerah dari Parangtritis!



Selfie dulu..
Ng....anu mas, mbak, coba berdirinya majuan dikit..maju teruss.. dikit lagi... ya terus terus..



Akhirnya gue jalan kaki aja menyusuri pantai sambil jepret sana-sini, selfie, jepret pemandangan lagi, selfie lagi, sampai akhirnya gue merasa lelah. Duduk dan minum sebentar, lalu gue mulai bergerak mencari Gumuk Pasir Parangkusumo. Buka google maps, dan katanya jarak hanya sekitar 1,5 km. Gue sok jago gitu sambil pikir “Ah cuma segitu, deket lah kalo jalan kaki.” Gue nanya juga ke penjaga warung di sekitar pantai, si ibu bilang “Oh jalan kea rah sini mbak.. Ikutin jalan aja, belok kiri, nah nanti gumuknya di sebelah kanan. Gak mau naik ojek aja mbak?” dengan penuh percaya diri, gue jawab “Gak apa-apa, bu. Saya jalan kaki aja pelan-pelan..” TERNYATA JARAKNYA LUMAYAN JAUH KALAU JALAN KAKI! HAHAHAHAHA. Jalannya sih sekitar 15 menit tapi waktu itu jam menunjukkan pukul 10, saat matahari lagi bersinar dengan sangat terang! Selamat ya, Ren!!

Dengan bercucuran keringat, akhirnya jerih payah gue terbayar dengan view Gumuk Pasir Parangkusumo ini! Whoooohhh.... gue akhirnya bisa muter-muter dan lari-lari kayak anak ilang di tengah gumuk pasir. Oh and....... ada ayunan! Udah lama banget gak naik ayunan! Hahahahahaha.. Kurang lebih 30 menit gue habiskan untuk santai dan foto-foto di gumuk pasir. Untungnya kumpulan awan mendadak menutupi matahari sehingga cuacanya jadi teduh dan angin sepoi-sepoi bertiup manja. Life is so gewd! Sambil bersiap untuk meninggalkan Gumuk Pasir, gue pusing memikirkan jalan balik ke terminal parang tritis. Maakkk jauh dan panas euyyyy!

Gunuk Pasir Parangkusumo


Ayunannya sendiri ae...

Yang dudukin ayunannya juga sendiri ae....
Selfie lagi, selfie muluk...

Setelah puas muter-muter gumuk, gue lanjutkan berjalan dan melihat suatu cahaya terang! Ya, cvahaya itu berasal dari tempat penitipan motor dan ada 2 mas-mas penjaganya. Gue sok polos nanya “Mas, di sini gak ada tukang ojek ya?” Salah satu dari mereka jawab, “Emangnya mau ke mana, mbak?” Gue bilang “Saya mau ke terminal Parangtritis, mau naik bus ke jogja.” Dengan baik hatinya salah satu mas itu berkata “Ya udah sini, saya anterin aja.. kasian kalau jalan kaki.” Wah mzzzzz apakah kamu jelmaan malaikat?

Di perjalanan gue ajak ngobrol aja si mas. Tanya-tanya, “Kok hari ini Gumuk sepi?” kata si mas, mungkin karena ini bukan hari libur, karena biasanya sih rame, sering juga dipake untuk foto prewedding. Sekitar 7 menit perjalanan dan gue sampai dengan selamat di terminal. Si mas sempet gak mau terima uang gue dan melajukan motornya perlahan. Yaelah mas, apa perlu kita acting kerjar-kerjaran di pinggir pantai? Gue kasih 15 ribu sebagai ucapan terima kasih yang sangat dalam. Akhirnya si mas nerima. Makasih ya mas, hati-hati di jalan. Semoga ketemu jodoh yang baik. Amiinn..

Lanjut perjalanan balik ke Jogja! Kali ini gue gak ketipu. Muahahhahaha. Pas dimintain ongkos, gue dengan pede langsung nyodorin Rp 15.000. Karena jam udah menunjukkan pukul 11.30 pas bus meninggalkan terminal Parangtritis dan perut gue dalam keadaan sangat lapar, gue memutuskan untuk cari makan siang dulu instead of check in hotel. Turun di terminal Giwangan, naik transjogja, dan turun di halte Taman Pintar Yogyakarta. Karena gue udah pintar, gue gak mengunjungi taman itu. HAHA. Gue naik becak menuju House of Raminten, restoran hits yang wajib dikunjungi ketika lo lagi berada di Jogja. Nyampe di House of Raminten, gue langsung dibuat nyengir sama design interior restoran ini. Restoran ini menawarkan menu angkringan khas Jogja, tapi bedanya ini di sebuah bangunan gitu.. Pas masuk, pengunjung akan langsung disambut oleh waitress yang berpakain unik, gabungan antara baju casual dan tradisional, lalu langsung ditanya “Berapa orang, mbak?” Yawlahh.. harus banget gue jawab gak ya? Gue jawab dengan lantang “satu orang, mas.” Ditanya lagi, “berapa, mbak?” Wahh ini sengaja yaaaaaaa. Gue jawab lagi “Satu orang, mas. SAYA SENDIRI.” Lalu gue disuruh naik ke lantai 2.

Tamu harap lapar!




“Mohon perhatian... Barang anda (handphone, dompet, sisir, kaca mata, tas, mantel, jas, jaket, topi, gergaji, alat pancing, setrika, dll) supaya jangan sampai ketinggalan.”


Arsitekturnya bergaya tradisional, bagunannya gak ketutup, justru berbentuk terbuka kayak saung. Bau kemenyan yang tersebar di seluruh penjuru resto, musik gending jawa yang mengalun, pelayan yang berpakaian unik, dan juga hiasan dinding yang bertuliskan kata-kata lucu bikin jatuh cinta dalam sekejap! Oooh tapi ada minusnya......Kalau ke restoran ini harus kudu musti SABAR MENUNGGU mengingat banyaknya pelanggan yang harus dilayani. Awalnya gue manggil 1 waitress, cuma dijawab “oh ya bentar ya mbak..” Lalu gue manggil mas 2, dijawab sama juga. Lalu gue tunggu lagi sampe ada yang lewat. Ah ada mas 3, gue panggil, dan jawabannya sama. Setelah menunggu kira-kira 20 menit, ada mas 4 yang lewat, dan gue cuma bisa nanya “Mas, lagi sibuk ya? Heheheh?” Doi jawab: “Loh daritadi belum ada yang take order ya, mbak? Mau pesen apa?” AKHRNYAAA MAS! HANYA KAMU YANG MENGERTI AKU!! 

Meloncholic



Nasi Gudeg 15.000 aja, kakak.....

 Siang itu gue pesen nasi gudeg dan Meloncholic (buah melon dengan toping es krim yang cocok untuk jiwa-jiwa melankolis) Hahahahaha! Harga makanan dan minuman di sini cocok untuk kantong backpacker, kisaran Rp 10000-50.000an lah. Must try kalau main ke Jogja!
Perut kenyang, hati senang. Sekarang saatnya gue ke hotel. Berhubung gue fans gojek garis keras, gue naik gojek menuju Zest Hotel yang hanya berjarak sekitar 3 km. Walaupun hujan rintik-rintik manja, gak apa-apa lah naik gojek soalnya penasaran sama service Gojek Jogja. Bapaknya lumayan ramah dan well prepared dengan jas hujan dan atribut lengkap gojek, hanya sayangnya si bapak gak terlalu hapal nama jalan, gak terlalu paham GPS, tapi rasa percaya dirinya tinggi! Dengan sedikit muter-muter, akhirnya gue sampai hotel.

Jam 13.45an gue nyampe Zest Hotel yang terletak di jalan Gajahmada no. 28. Letaknya di pinggir jalan dengan gedung warna hijau yang terlihat dari kejauhan. Gue book lewat traveloka dan ternyata gak perlu print bukti pembeliannya. Resepsionis cuma menanyakan nama gue, dicari di database dan TADA! Serahin KTP, isi simple form dan proses check in selesai. Mancaps! Pas buka pintu hotel, waaah hotelnya comfy.. Queen bed, bathroom dengan shower air panas, meja (sayangnya ndak ada meja rias) tapi untung di depan kamar mandi ada kaca lumayan gede untuk OOTD! AHAHAHA! Oke lah untuk harga 300an satu malam.

Di itinerary gue, harusnya jam 2an gue sudah dalam perjalanan menuju Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Namun karena skejul gue ngaret ditambah hal-hal yang terjadi di luar dugaan (bus ngetem, nunggu makanan yang datengnya lama, nunggu hujan reda),  pupuslah harapan gue. HIKSSSS. FYI, Candi Ratu Boko itu terkenal dengan keindahannya saat sunset dan sayangnya pintu masuk ke Candi Ratu Boko tutup tutup sekitar pukul 15:00 sore. Gue selesai mandi jam 14:15an, sementara dari hotel gue menuju candi Prambanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit (kalau ndak ada macet). Fiuhh, sudahlah... Semua sudah terlambat, Irene... Siang sampai sore hari gue habiskan untuk tidur cantik sambil menyusun rencana untuk esok hari biar gak ada yang fail lagi.

Sekitar jam 6 sore, gue keluar hotel, naik becak ke malioboro. Gue jalan kaki sepanjang malioboro sambil menikmati keramaian malam hari di kota Jogja.  Gue jalan sambil jepret sana-sini hingga......tik tik tik HUJAN DATANG! Yaelah... Awalnya mau neduh dan makan di angkringan sepanjang jalan malioboro, tapi niat ini gue urungkan karena menurut info yang gue dapet di internet, angkringan di jalan malioboro ini mehong, sis! Bahahaha... Yowes akhirnya gue naik becak, minta dianterin ke Warung Bakmi Pak Pele yang cukup hits di alun-alun utara. Gue memesan bakmi godog rebus dan teh manis hangat. BEUH TEMPATNYA RAME TENAN!! Gue nunggu makanan gue datang selama setengah jam lebih. Selama nunggu makanan, ada rombongan ibu-ibu yang duduk di samping gue dan ngajak ngobrol. Mereka nanya-nanya gue datang dari mana, hari ini udah ke mana saja, dan..............mereka kaget pas gue bilang gue dateng ke Jogja sendiri, gak janjian sama temen di Jogja, naik bus kemana-mana sendiri, dan sebagainya. Ah, si ibuk pasti belum tau aku ini KETUA JOMBLO AWESOME! XD

Mie Godog Rebus di kala hujan.. slurpppp..

Akhirnya sekitar jam 8 malam gue selesai makan malam. Pesen gojek dan meluncur ke hotel. Sampe di hotel, gue cuma leyeh-leyeh, nonton tv, dan packing.
Kesimpulan hari pertama: RANGGA BELUM DITEMUKAN!
Apakah gue akan bertemu Rangga di hari kedua? Nantikan di post berikutnya! :D

No comments:

Post a Comment